Garudafood dan Duck King Catatkan Saham Perdana di BEI

Liputan6.com, Jakarta – Dua perusahaan akan menjadi pendatang baru di pasar saham Indonesia pada perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) Rabu (10/10/2018).

Mengutip keterbukaan informasi BEI, dua perusahaan yang akan catatkan saham yaitu PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk dan PT Jaya Bersama Indonesia Tbk. PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk akan catatkan saham dengan kode GOOD di papan utama BEI.

Jumlah saham yang dicatatkan mencapai 7,37 miliar saham yang terdiri dari saham pendiri sebesar 6,61 miliar saham, pelaksanaan obligasi konversi sebesar 727,84 juta saham, penawaran umum kepada masyarakat sebesar 32,20 juta saham dan program employee stock allocation (ESA) sebesar 2,8 juta saham dengan nilai nominal Rp 100. Harga penawaran saham perdana Rp 1.284 per saham.

Bersamaan dengan penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO), perseroan akan menerbitkan saham baru kepada Pelican Company Ltd (Pelican) dalam rangka pelaksanaan konversi mandatory convertible bond yang diterbitkan berdasarkan perjanjian investasi pada 29 Maret 2018 sebesar 727,84 juta saham biasa.

Dengan ada konversi MCB Pelican bersamaan dengan terjualnya seluruh saham dalam IPO, persentase kepemilikan masyarakat dan Pelican akan menjadi sebesar 10,34 persen dari modal yang ditempatkan dan disetor penuh perseroan usai IPO dan pelaksanaan konversi MCB Pelican.

Dana hasil IPO antara lain digunakan untuk pengembangan usaha. Sebelumnya penawaran saham perdana perseroan dilakukan pada 2-4 Oktober 2018, penjatahan pada 8 Oktober 2018, dan pencatatkan 10 Oktober 2018. Perseroan telah menunjuk PT Indo Premier Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek.

Mengutip laman Garudafood, perseroan berasal dari PT Tudung Putra Jaya yang didirikan di Pati, Jawa Tengah. Perseroan resmi didirikan pada 31 Agustus 1990. Pada awal 1987, Tudung Putra Jaya memasarkan produk kacang tanah dengan menggunakan merek Kacang Garing Garuda yang dikenal Kacang Garuda.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.