MotoGP: Terinspirasi, Marquez Siap Tiru Gaya Balap Dovi

Liputan6.com, Motegi – Di balik kehebatan Marc Marquez di lintasan MotoGP tetap ada hal negatif dari dirinya. Itu adalah terkait gaya balapnya yang terkesan ugal-ugalan. Berbeda dengan Andrea Dovizioso yang memiliki gaya balap lebih lembut.

Karena gaya balapnya, banyak pembalap MotoGP yang melemparkan kritik kepada Marquez. Hanya satu yang tak pernah mengkritik The Baby Alien. Ia adalah Dovi, pembalap Ducati yang jadi rival utama Marquez dalam dua musim terakhir.

Di MotoGP 2017, Dovi mampu memaksa Marquez berjuang hingga seri terakhir untuk memastikan gelar juara dunia. Di musim ini, Dovi adalah pembalap yang mampu mendekati dominasi perolehan poin Marquez.

Anehnya, justru karena hal itu Marquez mengaku sangat menyukai gaya balap Dovi. Pembalap berusia 25 tahun itu juga bertekad meniru gaya balap Dovi sebagai ajang perbaikan diri. Ia melihat secara langsung dalam beberapa kesempatan saat dirinya berduel dengan Dovi hingga tikungan terakhir.

“Gaya balap saya lebih mirip (Kevin) Schwantz karena saya lebih banyak mengerem dan titik pengereman khusus yang dimiliki semua orang di dalam pikirannya. Tapi tujuan saya adalah mencoba mengubah gaya saya, mencoba jadi lebih seperti Dovi, lembut, sedikit miring, dan mempercepat laju. Tapi untuk saat ini tidak mungkin,” ujar Marquez, dikutip Motorsport.

Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso menjadi juara pada balapan MotoGP San Marino di Sirkuit Misano, Minggu (9/9/2018). Marc Marquez dan Valentino Rossi