Marquez amankan posisi start terdepan di Grand Prix Malaysia

Jakarta (ANTARA News) – Juara dunia Marc Marquez membawa sepeda motor Hondanya untuk menduduki posisi start terdepan pada satu putaran sebelum putaran terakhir MotoGP, pada sesi kualifikasi yang tertunda karena hujan untuk Grand Prix Malaysia pada Sabtu WIB.

Seperti dilansir laman resmi MotoGP, pebalap Spanyol itu, yang telah memastikan gelar dunia kelimanya dengan tiga putaran tersisa di Jepang bulan lalu, mencatatkan waktu tercepat di Sirkuit Internasional Sepang yakni dua menit, 12,161 detik, untuk pole position ke-80 dia di balapan grand prix.

Marquez tidak mampu menajamkan catatan waktunya karena kendala yang sempat dialaminya namun ia masih unggul atas pebalap Spanyol yang membela Yamaha, Johann Zarco (2: 12,709) dan juara dunia tujuh kali Valentino Rossi (2:13,009), yang akan mendampinginya di baris terdepan.

Pebalap Yamaha Rossi tertinggal 15 poin dari pebalap Ducati Andrea Dovizioso dalam persaingan untuk finis di peringkat kedua di kejuaraan, dan sesama pebalap Italia itu menjadi salah satu pebalap yang terjatuh pada Sabtu, untuk membuatnya menghuni baris kedua karena menduduki posisi ke-5.

Hujan deras mulai turun pada sesi latihan bebas ke-4 yang menyebabkan sejumlah pebalap yang tetap mengenakan ban slick terjatuh, termasuk Maverick Vinales, yang memberi kemenangan perdana bagi Yamaha dalam 26 balapan pekan lalu di Australia.

Vinales mampu bangkit dan lolos kualifikasi di urutan ke-11 saat safety car keluar dari trek, namun Jordi Torres tidak seberuntung itu, dan pebalap Spanyol yang membela Ducati tersebut mengalami patah jari tangan sehingga harus absen membalap.

Jorge Lorenzo, yang menunggangi sepeda motornya sambil menahan sakit pada sesi-sesi latihan Jumat, merupakan pebalap Spanyol lain yang absen balapan setelah ia mengundurkan diri pada Sabtu pagi.

Juara dunia tiga kali itu menjalani operasi pergelangan tangan setelah terjatuh ketika berlatih di Thailand, yang memaksanya absen di balapan itu dan putaran-putaran selanjutnya di Jepang dan Australia. Ia digantikan oleh pebalap penguji Ducari Michelle Pirro, yang lolos kualifikasi di urutan ke-14.

Pebalap Italia Francesco Bagnaia, yang perlu finis minimal di posisi ke-4 pada Minggu untuk mengamankan gelar Moto2, lolos kualifikasi di urutan ke-6, mengungguli pesaing terdekatnya Miguel Oliveira.

Karena terdapat potensi hujan yang lebih deras lagi, program Minggu dimajukan dua jam sehingga balapan MotoGP kini direncanakan akan dimulai pada pukul 1 siang waktu setempat.

Baca juga: Marquez pastikan gelar juara dunia MotoGP

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2018